Don’t be an Ugly Duckling!

26 Dec

Pasti kalian pernah – atau malah sering mendengar “Ugly Duckling”, yaitu sebuah dongeng yang menceritakan seekor itik yang terlahir dengan rupa yang buruk dan sangat berbeda dari saudara-saudaranya. Pada saat menetas, Ugly Duckling adalah itik yang paling terakhir keluar, dan pada saat itu juga induknya sangat kaget sekali karena Ugly Duckling terlahir sangat jelek. Pada saat saudara-saudaranya mulai berenang di sebuah kolam bersama induk, Ugly Duckling enggan ikut berenang. Dia takut, dan memutuskan untuk pergi menyendiri.

Nah, dari dongeng yang sangat sederhana ini, sebenarnya ada pelajaran dan makna yang sangat berharga di dalam kehidupan kita.

Ugly Duckling adalah pengibaratan seseorang yang rendah diri, merasa bodoh, merasa dirinya tidak punya kelebihan dan hanya mengungkit segala kelemahannya. Dia hanya selalu berpikir kalau dia tidak bisa mengerjakan apa-apa, tidak dapat diandalkan. Bahkan apabila seorang itu memiliki sikap egois, sangatlah sukar apabila ingin mengubah pola pikirnya yang seperti itu.

Pola pikir seperti itu tentulah sangat merugikan untuk kita – terutama para remaja, karena apabila kita terus menerus berpikir jelek dan ‘kita hanya punya kelemahan’, sampai kapanpun kita tidak akan bisa dan penuh dengan keragu-raguan. Buang jauh-jauh, deh, kalau kita berpikir bahwa bakat yang menjadi penentunya. Justru, kemauan dalam diri-lah satu-satunya dapat mengalahkan bakat. Usaha dan kemauan kita-lah yang menjadi penentu kita ini bagus atau jelek. Pola pikir ini apabila tidak dirubah, maka bisa melahirkan kebiasaan yang buruk, yaitu kita jadi sering berprasangka terhadap apapun – bahkan siapapun. Merugikan sekali, karena itu berarti kita tidak bisa menerima diri kita sendiri.

So, what should we do? Yap. Ubah pola pikir adalah jalan utama menuju pola pikir baru yang lebih baik. Terimalah diri kita apa adanya. Jangan merasa kita adalah lemah dan bodoh. Berpikirlah kalau kita bisa dan kita tidak lebih buruk dari yang lain. Jadilah Beautiful Swan, seekor angsa berbulu putih dan sangat anggun. Dengan begitu, kita otomatis akan termotivasi dalam diri untuk melakukan apapun, menjadi semangat dan tidak gentar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: