Kreasi Kota Solo: Lakon Pada Suatu Ketika

3 Jan

Putaran kincir angin Petruk-Gareng bergerak kencang seiring angin bertiup di hari itu. Suasana sebuah pasar tradisional lengkap dengan iringan lagu Perdamaian milik kelompok Nasyida Ria mengalun dari radio mini Jadul.

Scene selanjutnya seorang kakek berkacamata, bercelana pendek, berbaju batik menyantap mi rebus di sebuah warung. Tak berapa lama gelombang radio yang diterima rusak, guncangan pun terjadi. Detail adegan sendok, meja hingga mi yang bergetar tergambar mendekati sempurna. Termasuk debu yang beterbangan.

Tiba-tiba UFO datang menutup langit pasar tradisional itu. Para pengunjung panik, suasana hiruk-pikuk terlihat. Bajaj yang terparkir di pasar bergetar hebat hingga sang pengemudi lari ketakutan keluar dari bajaj.

Setelah ditembak sinar oleh UFO, deretan bajaj yang terparkir itu berubah menjadi robot layaknya film Transformers . Tak berapa lama sebuah bus Doa Ibu juga ikutan jadi robot. Aksi robot itu membuat warga pasar tercengang. Disusul kemudian tulisan Tunggu klip kedua 2012. Itulah sekelemit video animasi bikinan Lakon Animasi bertajuk Pada Suatu Ketika.

Berikut ini tentang Lakon Animasi yang dikutip dari fans pagenya di http://www.facebook.com/lakonanimasi

LaKON animasi bukanlah Studio Produksi Animasi, melainkan lembaga/studi pelatihan animasi yang rencananya akan dilaksanakan di kota Solo. Kami berusaha ikut berpartisipasi, dalam kapasitas yang kami punya, untuk mendukung sektor industri yang kini sudah-sedang dan akan lebih berkembang, seperti yang sudah dimulai oleh studio-studio animasi di Jakarta-bandung-Jogja-Batam dll. Sebagai lembaga penciptaan SDM, kami memposisikan diri sebagai pelengkap dari institusi2 pelatihan lain, yang sebelumnya sudah lebih dulu ada dan berjalan. Studi LaKON baru akan dimulai pada tahun 2012, dalam format ujicoba.

Video LPSK dibuat dalam rangka uji materi pembelajaran dan pelatihan. Reel tersebut dibuat untuk menemukan bugs ( cacat, kelemahan, kekurangan ) yang terdapat dalam program yang tengah kami susun, baik itu dalam kurikulum, modul dan wawasan pelaksana program. LPSK pada awalnya ditujukan untuk pemirsa terbatas di forum LaKON FB dan di media publik yang menekankan pada diskusi dan apresiasi, dalam hal ini situs video-sharing vimeo. Tanpa mengurangi rasa hormat atas atensi dan tanggapan dari publik yang lebih luas, bahwa pada akhirnya reel tersebut melebar ke media lain, adalah di luar tujuan penerbitan video.

Tidak ada wacana dalam agenda kami untuk menjadikan reel/showcase kami untuk keperluan produksi komersial ( film komersial, tv seri, dll ). Showcase studi memang kami buat dalam kemasan ‘film’ ( unsur cerita dan tokoh ) dengan maksud untuk menghubungkan relevansi program pelatihan dengan kebutuhan industri. Meski dalam kerangka non-komersial, kami akan tetap mempublikasikan showcase-studi berikutnya kedepan, tentunya dalam forum yang lebih terbatas.

Let’s see🙂 Lakon Pada Suatu Ketika # Lakon Studio

http://www.youtube.com/watch?v=fX2NYsn3L8w

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: