Unconcerned People Go To Nowhere

23 Sep

Kadang kita, yang ngaku-ngaku sebagai manusia yang udah dewasa, masih tergoda buat bertingkah yang nggak sesuai sama umur kita atau cenderung kekanak-kanakan, bahasa gaulnya childish. Kadang karena situasi dan kondisi yang ‘enggak banget’, membuat kita melampiaskan emosi negatif yang lagi dirasain didalam sini nih.

Childish itu.. contoh paling gampang kalo misal kamu lagi kecewa sama orang lain. Kamu kecewa kan? Kecewa rasanya nggak enak kan pastinya? Trus kerasa pengen banget mau ngelampiasin entah ke siapa atau entah ke apa? Trus merencanakan sesuatu yang dirasa pantes buat dilakuin dan emang udah seharusnya seperti itu? Tujuannya? Biar puas?

Pernah nggak kepikiran kalau apa yang kamu udah rencanain buat dilakuin itu bakal punya dampak ke orang lain juga? Pernah nggak pertimbangin kalo akibat dari tindakanmu itu bakalan lebih ‘impactful’ daripada yang kamu pikirin? Pernah nggak ngerasa kalo kamu sebenernya belum bener-bener paham kenapa hal-hal yang mengecewakan kamu itu bisa terjadi? Pernah nggak kamu pikirin bahwa cara kamu melampiaskan emosi negatif kamu itu sebenernya udah nggak pantes lagi buat kamu lakuin?

Haha kalau jawab pertanyaan diatas pas lagi ngerasa kesel itu emang rada gimanaa gitu haha di satu sisi kamu emang punya kebutuhan buat mengungkapkan apa yang dirasain, karena kadang manusia perlu saluran buat menyalurkan hal-hal macam gitu. Tapi di sisi lain, kamu juga harus mikirin apakah tindakanmu dalam mengekspresikan hal-hal tadi itu masih pantes untuk orang seumuran kamu? There is always price to be paid as a mature person.

Anyway, kalo di pertanyaan-pertanyaan tadi ada yang kamu jawab pernah, pasti kamu lagi galau :3 mikir ga jelas, ga tau mau gimana atau harus ngapain yang bener tapi memuaskan hahhahaha sama deh kayak aku.

Emang ya, kalo pas kondisi kayak gini, godaan buat melampiaskan dengan cara bertingkah laku yang kurang dewasa (baca: childish) itu bener-bener kuat. Itu tu bisa diumpamain kayak kamu lagi sidang kasus apaaa gitu, trus tuntutannya udh kuat, secara yuridis juga udah mendukung, bukti apalagi saksi udah seabrek dan tinggal nungguin hakim menjatuhkan hukuman/vonis bersalah yang udah pasti banget bakal dimenangin dan tinggal nunggu palu diketok. Di saat seperti itu, keputusannya bukan lagi di tangan hakim, tapi di tangan kita sendiri. Antara mau nyabut tuntutan ato bener-bener dieksekusi. Semacam susah-susah gampang.

Hidup itu mudah loh. Yang bikin sulit itu kalo kita harus bikin keputusan-keputusan yang belum pasti ketahuan seratus persen bener atau seratus persen salahnya. And just for the records, It will take you less time to think about the impact you could cause to others than to unknowledge what you and others will go through when one decision already made. It will save you a lot of precious time of thinking the unnecessary stuffs.

Kata terakhir buat penutup.. Please tanemin dalam dalam di pikiran, that you are not alone in this world, there are others who live in the same world as you are. Please tanemin bahwa tindakanmu, sekecil apapun, se-nggak penting apapun menurutmu, itu punya impact ke orang lain. Orang lain itu juga manusia, yang punya pikiran, yang punya perasaan. Mereka juga punya kehidupan yang kadang beberapa bagiannya direlakan mereka untuk kamu, meski kadang mereka nggak cerita.

Care for what others will feel, before expecting them to care for you. It is a peaceful world. Don’t ruin it.

P.S. sorry for a very random topic. Sometimes, putting off the subject name and without actually point out at some specific person itself can be quite hard thing to do.

Regards,
Dea

One Response to “Unconcerned People Go To Nowhere”

  1. nyonyasepatu September 24, 2014 at 10:55 am #

    setuju banget, walau pengennya cuek tapi tetep harus mikirin orang lain juga

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: